cropped-fikes-135.png

fikes

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas 'Aisyiyah Bandung

UJIAN OSCE PROFESI NERS FIKES UNISA BANDUNG 2021-2022
Ujian Osce
Ujian OSCE Profesi Ners FIkes Unisa Bandung

UJIAN OSCE PROFESI NERS FIKES UNISA BANDUNG

Bandung, 27-29 Juni 2022

Pelaksanaan OSCE Internal pertama, dengan perserta Mahasiswa Program Studi Profesi Ners angkatan ke IX FIKes UNISA Bandung.

 

OSCE merupakan sebuah metode untuk menguji kompetensi klinik secara objektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu. OSCE dinilai objektif karena semua mahasiswa diuji dengan ujian yang sama. Terstruktur karena yang diuji keterampilan klinik tertentu dengan menggunakan lembar penilaian tertentu.

 

Dalam pelaksanaannya, OSCE terbagi menjadi dua sesi dalam sehari yaitu sesi pagi (pukul 08.00) dan siang (pukul 13.00). Peserta kemudian diarahkan menuju tempat istirahat/transit maksimal 30 menit sebelum dimulai, sedangkan penguji maksimal 15 menit sebelum OSCE dimulai. Transit peserta sesi 1 dan 2 dibedakan, untuk menghindari kecurangan, bocornya soalnya OSCE.

 

Harapan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan juga ketua Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners, dengan dilaksanakannya OSCE ini dapat meningkatkan kompetensi perawat untuk menghadapi persaingan dengan negara lain yang tentunya semakin berat. Salah satunya, kemampuan dalam berkomunikasi dengan klien, bagaimana mereka menjaga keamanan klien, kemudian kemampuan penampilan professional, menganalisa rencana tindakan, serta memperlihatkan kekhasan institusi Universitas 'Aisyiyah Bandung yang islami.

 

OSCE kali ini, pertama kali dilaksanakan, masih banyak kekurangan dan masih belum sempuna. Kedepan, metode OSCE Internal ini akan digunakan untuk seluruh program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan, guna untuk mempersiapkan jika kelak ada instruksi diadakannya OSCE Nasional.