cropped-fikes-135.png

fikes

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas 'Aisyiyah Bandung

Sejarah Fakultas Ilmu Kesehatan

Fakultas Ilmu kesehatan Universitas Aisyiyah Bandung berdiri melalui sejarah yang panjang  seiringan dengan alih bentuk payung institusi yang tadinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Bandung menjadi Universitas Aisyiyah Bandung. Universitas ‘Aisyiyah Bandung (UNISA) Bandung merupakan salah satu amal usaha bidang pendidikan tinggi dibawah Persyarikatan Muhammadiyah Aisyiyah. UNISA merupakan hasil metamorfosis amal usaha pendidikan yang dimulai tahun 1972 sebagai Sekolah Pengarus Rawat (SPR) kemdian  tahun 1999 berubah menjadi Akademik Keperawatan (AKPER). Tahun 2012 melakukan pengabungan AKPER Aisyiyah Bandung dan AKBID Aisyiyah Bandung menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Bandung dengan izin penyelenggaraan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.169/E/O/2012 Tanggal 14 Mei 2012.  

Komitmen yang tinggi dari Badan Penyelengggara untuk berperan serta terhadap peningkatkan daya saing bangsa diperlukan adanya perubahan kelembagaan Sekolah Tinggi menjadi Universitas. UNISA merupakan hasil penggabungan STIKes Aisyiyah Bandung dengan AKBID Syahida Tasikmalaya pada tahun 2019. UNISA menyelenggarakan jenis pendidikan Diploma III, Strata 1 dan Profesi yang terdapat pada 3 fakultas. Fakultas yang dikelola UNISA terdiri dari  Fakultas Ekonomi dan Humaniora, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kesehatan. Program studi yang diselenggarakan meliputi Program Studi Perdagangan Internasional, Program Studi Pariwisata, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Program Studi Sarjana Keperawatan, Program Studi Profesi Ners, Program Studi Sarjana dan Profesi Kebidanan, Program Studi Diploma III Kebidanan, dan Program Studi Diploma III Keperawatan.

Berdasar re-strukturisasi dalam rangka dilakukannya tata kelola perguruan tinggi yang efektif dan efisien, maka dibentuklah dua fakultas di lingkungan Universitas yang salah satunya adalah FIKes Unisa Bandung ini. Sejak diterbitkannya SK Rektor Universitas Aisyiyah Bandung tentang Pembentukan Fakultas Ilmu Kesehatan Unisa Bandung, maka pengelolaan program studi-program studi kesehatan berada langsung di bawah Dekan FIKes Unisa Bandung.